Jumat, 28 Juni 2013

The Result Is...? (Jeeeng Jeeeeng Jeeeeng!)

                Hari Sabtu pagi tanggal 22 Juni kemaren murid-murid sekolah gue semuanya pada tegang. Saking tegangnya mereka, mungkin kalo mereka semua dikumpulin dan masing-masing disuruh pegang kabel, mereka bisa menghasilkan tegangan listrik yang cukup untuk satu kota selama sebulan.  Mereka tegang nungguin penerimaan laporan pendidikan. Beda sama gue yang cuek-cuek aja. Bagi gue apa pun hasilnya, itu adalah yang terbaik yang sudah gue usahakan, jadi gue nggak peduli.

                Tapi memang peringkat memberikan tekanan yang lebih pada murid-murid. Turun dikit, bukan nggak mungkin pulangnya mereka disuguhi ceramah sejam dari Bonyok lengkap dengan pelukan di leher dengan tenaga maksimal. Beda sama Nyokap gue yang cuek aja soal peringkat. Paling dia cuma ceramah pendek dua-tiga kalimat. Ini yang bikin gue nggak tertekan.

                Waktu pembagiannya pun tiba. Gue yakin yang nggak tegang saat itu cuma murid yang semester lalu dapat peringkat terakhir—dia nggak tegang karena peringkatnya nggak mungkin turun. Curang ya? Kita semua dibagikan selembar surat yang berisi nilai-nilai kita, hasil belajar kita selama enam bulan. Pembagiannya diurutkan sesuai absen. Karena inisial nama gue ‘P’, gue dibagikan suratnya agak-agak belakangan—yang bikin gue agak deg-degan sampe mules. Akhirnya gue izin boker dulu. Boker—bagi gue—bisa menenangkan hati yang gundah (loh?).

Semester lalu gue peringkat 4. Walaupun Nyokap agak cuek soal peringkat, tapi gengsi juga dong sama teman-teman kalo misalnya peringkat gue turun. Pas nama gue dipanggil, gue ambil tuh surat dengan pikiran yang campur aduk. Gue nggak berani baca suratnya, jadi suratnya gue kasih ke Tere. Gue minta tolong dia baca peringkat gue dan kalo gue udah selesai hitung sampe tiga, dia bisa bilang surat itu merupakan berita baik atau buruk.

                “1… 2… 3! Baik apa buruk?!” gue agak-agak excited.

                “Hmmm…” gue nggak tau dia emang bingung apa emang sengaja dilama-lamain biar gue tegang.

                “Baik apa buruk? BAIK APA BURUK? BAIK APA BURRUUUUUKKKK?!!!” satu kelas hening. Mereka ngeliatin gue, gue nggak peduli. Gue melotot ke Tere.

                “Tetap,” kata dia. Gue narik napas lega. Itu berarti gue nggak bakal ditertawain sama siapa pun.

                Sekarang giliran Tere yang nggak karuan. Dia tegang. Gue maklum, tekanannya lebih besar dari gue. Sejak dua semester yang lalu dia 2 kali berturut-turut bertahan di peringkat pertama. Dia emang rajin dan otaknya encer.

                Beda sama gue, Tere lebih berani dan langsung baca sendiri suratnya tanpa ba-bi-bu lagi pas dia udah dibagikan surat tersebut. Dia yang awalnya rada-rada lesu karena nggak yakin semester ini bisa bertahan, tiba-tiba teriak histeris dan lalu meluk gue. Dia meluk gue agak kencang, gue sampe bisa ngerasain tetenya. Gue tanya kenapa dan dia ngeliatin kertasnya. Dia masih tetap juara satu. Gue senyum.

                Pulangnya, gue dengan senang bilang ke Nyokap kalo gue bertahan. Dia diem, ekspresinya datar dan dahinya berkerut. Gue kira napa, gue mau nanya tapi nggak jadi pas gue dengar suatu bunyi merdu yang familiar, “Breet”. Rupanya tadi Nyokap ngeden pengen kentut. Terus gue ulang lagi, gue bilang lagi kalo gue ternyata bisa mempertahankan peringkat gue. Dia bilang “Yaah… Tapi sebenarnya kamu sendiri tau kan, kalo itu belum yang maksimal?” gue jawab bahwa itu emang udah yang paling maksimal yang bisa gue lakuin dan gue juga nyebutin beberapa alasan kenapa gue nggak bisa naik peringkat, dan dia bilang lagi “Nggak tau deh, tanya aja dirimu sendiri,”.

                Lalu berbagai flashback mulai bermunculan di otak gue seperti rangkaian film yang dipercepat. Segala hal yang terjadi selama enam bulan ini berputar kembali di otak gue. Nyokap benar, ini belum yang maksimal. Emang sih hasilnya lumayan, tapi bukan hasil terbaik yang bisa gue raih. Dari tadi gue ngebuat-buat alasan-alasan tertentu yang gue list di otak gue, tentang kenapa sampe gue nggak bisa naik peringkat. Tapi satu hal yang nggak bisa gue terima dan gue tutup-tutupin dari diri gue sendiri sejak tadi: ini semua karena gue sendiri.

Gue nggak bodoh kok, cuma kena sindrom kemalasan tingkat kronis. Suka lupa ngerjain PR, suka nggak belajar pas ada ulangan harian, suka menganggap remeh pelajaran, dan lain-lain. Dan saat itulah gue bertekad pada diri gue sendiri, bahwa semester depan gue harus bisa lebih baik dibanding sekarang, dan bahwa semester depan gue harus bisa pulang ke rumah mengabarkan peringkat gue ke Nyokap, dan saat mendengarnya dia tersenyum bangga ke gue.
           
     Mungkin postingan gue kali ini agak beda sama postingan sebelum-sebelumnya, tapi mohon dimaklumi—gue lagi galau masalah peringkat. Orang lain galau karena di PHP-in, ada juga yang galau karena mereka terus mikir kenapa nggak ditembak-tembak, kenapa pacarnya nggak bisa ngerti dia, kenapa gebetannya lebih milih cewek yang giginya taring semua dibanding dia, kenapa oh kenapa… Tapi gue malah galau soal peringkat, gue malah galau soal nilai. Gue merasa tidak normal sebagai ABG yang sedang dalam masa puber. Jadi biar semester depan gue nggak galau lagi soal peringkat dan bisa galau soal yang lain-lain (yang lain-lain apa tuuuh?), mohon doain gue biar bisa meningkatkan prestasi gue kedepannya. Amin. 

1 komentar: